• About
  • Contact
  • Privacy Policy

Hebat !! Guru di India ini memperkenalkan Rumus operasi Perkalian Matematika dengan Mudah dan Cepat.

 on Friday, October 7, 2016  


Pelajaran Matematika memang pelajaran yang sulit bagi sebagian siswa bahkan saya juga hahahah :v. tapi sebenarnya matematika itu mengasyikkan. matematika merupakan ilmu pasti sehingga rumus-rumus dan hasilnya tidak akan salah kalau kita mencarinya dengan benar. Hanya hati ini yang tidak pasti entah kemana rimabnya ( hahhaa eh kok curhat ).

Sebenarnya banyak orang-orang jenius yang telah memberikan petunjuk bagaimana caranya mengerjakan soal-soal matematika itu dengan mudah dan cepat. 

Mungkin bagi kita perkalian 20 x 35 akan bisa kita cari dengan cara yang biasa kita gunakan di sekolah-sekolah atau menggunakan kalkulator.

Tetapi, di India ada seorang guru yang memperkenalkan cara-cara mudah untuk mempercepat pencarian kita dengan metode perkalian. mungkin metode yang digunakan oleh guru tersebut bisa kita gunakan di kehidupan sehari-hari.

berikut ini akan kita ulas bagaimana Guru di india tersebut menjelaskan perhitungan perkalian dengan metode yang baru.

1. Kita akan melakukan pengalian 43 x 25. sebelum itu kita akan membuat kotak untuk operasi perkalian ini seperti gambar berikut. 

 
2. setelah kita membuat kotak tersebut kita akan membuat garis-garis seperti gambar.


3. setelah selesai membuat garis garis tersebut langsung kita lakukan pengalian. 

hal yang harus kita perhatikan adalah perkalian antara 4 x 2 hasilnya adalah 8. tetapi pada metode ini tidak  kita tuliskan 8 melainkan 08. setelah itu kita lanjutkan operasi hingga perkalian selanjutnya.

4. ini adalah hasil operasi perkalian yang sudah kita lakukan pada metode kotak persegi.




5. setelah operasi selesai, selanjutnya kita akan membuat garis penjang berdasarkan garis diagonal yang sudah kita buat sebelumnya.




6. Selanjutnya kita akan melakukan penjumlahan berdasarkan angka-angka yang berada pada kolom yang sudah kita buat garis diagonalnya.



karena 5 hanya sendiri maka hasil penjumlahan nya adalah 5. kemudian kita jumlahkan 0 + 1 + 6 = 7. kemudian jumlahkan 2 + 8 + 0 = 10. ( kita tulis 0 kemudian 1 nya kita naikkan ke kolom yang diatas nya. seperti penumlahan biasa). kemudian kita jumlahkan yang terakhir antara 0 + 1 = 1.
maka hasilnya adalah 1075.

Operasi ini bisa kita buktikan dengan menggunakan cara biasa atau kalkulator, maka hasil yang didapat pasti sama. saya sudah membuktikan metode ini dengan menggantikan angka-angka nya dengan yanga lain.




Selamat Mencoba ya Kengkawan :D

sumber : facebook

Hebat !! Guru di India ini memperkenalkan Rumus operasi Perkalian Matematika dengan Mudah dan Cepat. 4.5 5 selayang pandang Friday, October 7, 2016 Pelajaran Matematika memang pelajaran yang sulit bagi sebagian siswa bahkan saya juga hahahah :v. tapi sebenarnya matematika itu mengas...


No comments:

Post a Comment

J-Theme