• About
  • Contact
  • Privacy Policy

Apa itu Vertigo ? Berikut ini Gejala dan cara pencegahan penyakit Vertigo.

 on Friday, October 7, 2016  


Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami yang namanya pusing atau sakit kepala. tapi tahukah kita sakit kepala atau pusing tersebut bukan lah seperti sakit kepala yang biasanya. ketika mengalami sakit kepala terasa kepala berputar dan sakit kepala yang amat sakit. Penyakit ini sering disebut dengan Vertigo. 

Apa itu Vertigo ?
Vertigo merupakan suatu gejala dengan sensasi diri sendiri atau sekeliling terasa berputar yang terjadi secara tiba-tiba. Ada kondisi vertigo yang ringan serta tidak terlalu terasa dan ada yang parah sehingga menghambat rutinitas.

Serangan vertigo bisa bervariasi, mulai dari pusing yang ringan dan muncul secara berkala hingga yang parah dan berlangsung lama.  Serangan yang parah bisa terus berlangsung selama beberapa hari sehingga penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan normal.

Gejala Penyakit Vertigo

Gejala yang muncul terasa berputar saat berbaring, berdiri atau memutar kepala dengan cepat. ada gangguan keseimbangan tubuh, mual, muntah, dan ada gerakan pada bola mata.


Penyebab Penyakit Vertigo 

Ada beberapa Faktor penyebab dari penyakit vertigo. antara lain:
  1. Anemia.
  2. Stress
  3. Perubahan posisi
  4. pengaruh obat-obatan kimia
  5. gangguan penglihatan.
  6. Memiliki penyakit jantung didalam tubuh.
Pengobatan dan Pencegahan Vertigo
  
Seperti yang di kutip dari Alodokter.com berikut beberapa pengobatan serta pencegahan penyakit vertigo.

Vertigo sendiri termasuk gejala dan bukan penyakit. Karena itu, cara mengatasi vertigo tergantung pada penyakit yang menyebabkannya.

Sebagian kasus vertigo bisa sembuh tanpa pengobatan. Hal ini mungkin terjadi karena otak berhasil beradaptasi dengan perubahan pada telinga bagian dalam.

Ada juga beberapa penyebab vertigo yang membutuhkan langkah pengobatan khusus. Di antaranya adalah:
  • Manuver Epley untuk menangani BBPV.
  • Obat-obatan, seperti prochlorperazine dan antihistamin. Namun, obat-obatan ini biasanya hanya efektif untuk tahap awal dan sebaiknya tidak digunakan jangka panjang.
  • Terapi rehabilitasi vestibular guna membantu otak untuk beradaptasi dengan sinyal membingungkan dari telinga yang jadi penyebab vertigo, sehingga frekuensinya berkurang.
Selain penanganan dari dokter atau ahli terapi, kita juga bisa melakukan sejumlah cara untuk mengurangi atau mencegah gejala-gejala vertigo. Langkah-langkah tersebut meliputi:
  • Menghindari gerakan secara tiba-tiba agar tidak terjatuh.
  • Segera duduk jika vertigo menyerang.
  • Gunakan beberapa bantal agar posisi kepala saat tidur menjadi lebih tinggi.
  • Gerakkan kepala secara perlahan-lahan.
  • Hindari gerakan kepala mendongak, berjongkok, atau tubuh membungkuk.
  • Kenalilah pemicu vertigo Anda dan lakukan latihan yang dapat memicu vertigo Anda. Otak Anda akan menjadi terbiasa dan malah menurunkan frekuensi kambuhnya vertigo. Lakukan latihan ini dengan meminta bantuan orang lain.
  • Bagi Anda yang juga menderita penyakit Meniere, batasi konsumsi garam dalam menu sehari-hari.

demikian lah yang dapat KopiHitam bagi kali ini, semoga kita semua selalu menjaga pola hidup sehat dan dijauhkan dari segala macam penyakit.

 
 


 

Apa itu Vertigo ? Berikut ini Gejala dan cara pencegahan penyakit Vertigo. 4.5 5 selayang pandang Friday, October 7, 2016 Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami yang namanya pusing atau sakit kepala. tapi tahukah kita sakit kepala atau pusing tersebut ...


No comments:

Post a Comment

J-Theme