Sering kita alami ketika sedang asik menonton Tv, atau bermain game atau lagi asik menyejukkan badan di depan kipas angin tapi tiba-tiba listrik mati dengan mendadak. Hal ini tentunya membuat kita gerah, sebal dan marah atau bahkan 'ada' yang mencaci tidak karuan. yang ada di pikiran kita tidak lain adalah akan tertuju dan menyalahkan PLN. Mengapa listrik mati ? apa penyebabnya ? berapa Lama listrik ini mati ? dan Kapan Hidupnya ? Pertanyaan ini akan segera muncul di kepala kita.
Sudah bukan rahasia umum lagi jika masyarakat selalu menyalahkan PLN
atas rusaknya peralatan peralatan rumah tangga. Memang kenyataan yang di temui di lapangan memang demikian, namun
sebenarnya jika kita mau jujur tidak semua peralatan elektronika rusak
akibat terputusnya aliran listrik secara tiba-tiba.
Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan listrik mati mendadak. mungkin ada gangguan pada transmisi nya atau pun memang ada pemadaman secara berkala.
Apa yang Harus Dilakukan jika Listrik Padam? Listri padam memang menyebalkan, namun sebelum melapor ke Kantor PLN, perhatikan dulu hal-hal sebagai berikut :
Listrik Sering mati mendadak ? Berikut Hal yang dapat dilakukan ketika Listrik mati mendadak.
- Silahkan keluar rumah, perhatikan atau tanyakan apakah tetangga Anda ikut padam atau tidak. Jika tetangga ikut padam, berarti gangguan bukan di instalasi rumah Anda, atau bukan berhubungan dengan pemakaian listrik di rumah Anda.
- Jika tetangga Anda padam, dicek lagi apakah banyak yang padam sampai satu kompleks. Jika hanya beberapa rumah yang padam, berarti ada gangguan di SR (sambungan rumah) atau di JTR(jaringan tegangan rendah) atau di gardu (salah satu pengaman gardu putus) atau trafo di gardu rusak. Untuk nomor 1 dan 2, silahkan telepon kantor PLN atau telepon 123, mohon disiapkan ID Pelanggan rumah Anda untuk memudahkan petugas PLN mencari rumah Anda. Dalam hal ini pihak PLN TIDAK mengetahui ada gangguan di sekitar rumah Anda jika Anda tidak melaporkan.
- Jika yang padam satu atau lebih perumahan di sekitar rumah Anda atau malah satu kelurahan yang padam, berarti ada gangguan pada penyulang / feeder. Untuk nomor 3 ini, silahkan tunggu sampai 5 menit, biasanya pihak PLN akan mencoba menghidupkan. SEKALI lagi, usaha tersebut ditandai dengan lampu menyala Jika langsung padam lagi, maka berarti ada gangguan penyulang. Sebenarnya jika TIDAK PERLU dilaporkan- pun ke pihak PLN, pihak PLN tetap bisa mengetahuinya. Jika tetap menyala, berarti ada dahan pohon, kerangka layang-layang, atau burung / kelelawar yang menempel dan menyebabkan GANGGUAN SESAAT. Jika tidak ada usaha menghidupkan sekali lagi, berarti daerah Anda sengaja dipadamkan. Biasanya ada pekerjaan / pemadaman terencana seperti yang telah dipublikasikan di surat kabar atau radio lokal. Atau ada pekerjaan emergency / SANGAT MENDESAK seperti kabel yang terbakar, trafo mengeluarkan api, tiang hampir roboh, atau ada kebakaran di suatu daerah dan listrik ke arah tersebut harus segera dipadamkan. Anda bisa memeriksa dahulu di surat kabar, apakah sudah ada jadwal sebelumnya.
- Jika rumah tetangga tetap menyala dan hanya rumah Anda sendiri yang padam. Periksa MCB (Mini Circuit Breaker) didalam rumah Anda. MCB didalam rumah biasanya merupakan pembagi saluran ke kamar-kamar atau ke ruangan-ruangan tertentu, untuk memudahkan pembagian beban dan penanganan gangguan instalasi bangunan. Jika salah satu padam, segera naikkan kembali, jika tidak bisa atau masih padam, maka ada gangguan instalasi di rumah Anda, bisa berupa short circuit salah satu peralatan listrik, atau short circuit di instalasi rumah. SHORT CIRCUIT INSTALASI RUMAH BISA MENYEBABKAN KEBAKARAN DI RUMAH ANDA. Jaringan instalasi rumah, bukan menjadi tanggungjawab PLN. Tanggung jawab PLN hanya sampai pembatas (MCB) dan kWh meter. Jika MCB didalam rumah tidak turun, cek MCB milik PLNyang terpasang di dinding luar rumah Anda. Jika turun / padam, berarti rumah Anda OVERLOAD. Anda bisa mengurangi pemakaian dan bisa dengan pengajuan penambahan daya ke PLN. Jika Anda merasa pemakaian listrik Anda tidak banyak namun MCB PLN tetap turun, bisa jadi MCB PLN sudah lemah / tua. Anda bisa mengajukan penggantian MCB ini (GRATIS) disertai perhitungan beban di rumah Anda.
Catatan :
- Biasakan mengingat atau menyimpan nomor ID Pelanggan Anda, bisa di dompet, komputer, laptop atau di HP (Mobile Phone), karena jika padam, Anda bisa segera menggunakannya untuk melaporkan gangguan. Disamping itu juga bisa digunakan untuk membayar rekening listrik jika ada ATM atau loket di dekat kita jika kita sedang berpergian.
- Telepon gangguan PLN hanya terdiri dari 1 (satu) sambungan. Jika sedang menerima laporan, maka ketika ada telepon masuk, akan terdengar nada sibuk,dan nada sibuk ini akan terdengar terus jika banyak pelanggan yang melapor. Tidak ada usaha untuk menggantung telepon tersebut.
- Melaporkan gangguan dengan cara memaki petugas yang menerima telepon tidak menyelesaikan masalah. PLN tidak pernah sengaja memadamkan listrik tanpa alasan yang jelas, atau PLN merasa senang jika ada gangguan. Walau Anda memaki atau memarahi mereka, tidak serta merta listrik segera menyala.
- Jika banyak gangguan yang terjadi, petugas PLN MEMPRIORITASKAN DAERAH YANG PALING BANYAK PADAM untuk segera diselesaikan terlebih dahulu, dibandingan dengan menyelesaikan satu atau dua pelanggan yang padam.
- Jangan memberikan tips kepada petugas PLN.
- Jika Anda ingin bertanya tentang pasang baru, perubahan daya atau pelayanan yang lainnya, jangan tanya ke petugas gangguan atau pencatat meter, silahkan langsung datangi ke kantor PLN atau bisa melalui telepon kantor PLN, bukan telepon ke gangguan. Hal ini untuk menghindari kesalahan informasi atau Anda diarahkan ke calo.
Semoga Artikel ini sedikit membantu Pak Cik dan Mak cik serta kita semua Ketika terjadi pemadaman listrik. :) (^-^)
Sumber : Pelayanan Ganggugang Teknik PT.PLN (Persero)
No comments:
Post a Comment