• About
  • Contact
  • Privacy Policy

Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia

 on Saturday, May 21, 2016  



Istilah ideology berasal dari kata ‘idea’ yang berarti ‘gagasan,konsep, pengertian dasar,cita-cita’ dan ‘logos’ yang berarti ‘ilmu’. Kata ‘idea’ berasal dari kata yunani ‘ eidos’ yang berarti ‘bentuk’. Disamping itu ada kata ‘idean’ yang berarti ‘melihat’. Maka secara harfiah, ideology berarti ilmu pengertian-pengertian dasar.
Pancasila sebagai ideology terbuka adalah pancasila merupakan ideology yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman tanpa merubahkan nilai dasarnya. Pancasila sebagai ideology terbuka mengandung makna bahwa nilai-nilai dasar pancasila itu dapat dikembangkan sesuai dengan dinamika kehidupan bangsa Indonesia dan tuntutan perkembangan zaman secara kreatif dengan memperhatikan tingkat kebutuhan dan perkembangan masyarakat Indonesia sendiri.
Sebagai ideology terbuka, pancasila memberikan orientasi ke depan, mengharuskan bangsanya untuk selalu menyadari situasi kehidupan yang sedang dan yang akan dihadapinya, terutama menghadapi globalisasi dan era keterbukaan dunia dalam segala bidang.
Moerdiono (BP7 Pusat, 1992:399) menyebutkan beberapa factor yang mendorong pemikiran pancasila sebagai ideology terbuka :
1.  Dalam proses pembangunan nasional berencana, dinamika masyarakat kita berkembang amat cepat.
2.      Kenyataan bangkrutnya ideology tertutup seperti marxisme leninisme/komunisme.
3.  Pengalaman sejarah politik kita sendiri dengan pengaruh komunisme sangat penting.
4.   Rekat kita dengan menjadikan pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Sebagai suatu ideologi bangsa dan Negara Indonesia maka pancasila pada hakikatnya bukan hanya merupakan suatu hasil perenungan dan pemikiran seseorang atau kelompok orang sebagaimana ideologi-ideologi lain didunia, namun pancasila diangkat dari nilai-nilai adat-istiadat, nilai-nilai kebudayaan serta nilai religious yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia sebelum membentuk Negara.
Dengan demikian pancasila sebagai ideoligi bangsa dan Negara Indonesia berakar pada pandangan hidup dan budaya Negara, dan bukannya mengangkat atau mengambil ideologi dari Negara lain. Oleh kaarena itu ciri khas pancasila itu maka memiliki kesesuaian dengan bangsa Indonesia.

sumber :

Kaelan, Achmad Zubaidi. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma

Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia 4.5 5 selayang pandang Saturday, May 21, 2016 Istilah ideology berasal dari kata ‘idea’ yang berarti ‘ gagasan,konsep, pengertian dasar,cita-cita ’ dan ‘logos’ yang berarti ‘ ilmu ’...


No comments:

Post a Comment

J-Theme